5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Bikin Glowing

Buah yang memiliki nama latin Averrhoa carambola atau lebih dikenal dengan sebutan belimbing adalah buah yang populer di iklim tropis. Buah berwarna kuning ini memiliki cita rasa manis masam yang segar dan melegakan tenggorokan. Buah yang kaya akan vitamin C ini, ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, bahkan bisa membuat kulit glowing. Apa sajakah manfaat belimbing tersebut?

banner consideration shipping bg blue

1. Bersifat Anti-Inflamasi

Manfaat belimbing yang pertama adalah mengurangi resiko terkena peradangan dari radikal bebas. Hal ini dikarenakan belimbing mengandung zat antioksidan flavonoid yang bisa membantu tubuh menangkal racun. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah belimbing juga bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.
Karena bersifat anti-inflamasi inilah buah belimbing bisa membantu tubuh melawan peradangan yang bisa mempengaruhi kesehatan pembuluh darah, tulang, atau bahkan di tingkat sel dan jaringan tubuh. Tidak heran jika buah belimbing sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. 

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Selain bersifat anti-inflamasi dan menangkal radikal bebas, manfaat belimbing selanjutnya adalah mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Tingginya kandungan serat tidak larut air atau insoluble fiber yang dijumpai pada buah belimbing dipercaya dapat menghambat penyerapan glukosa. Penghambatan penyerapan ini secara tidak langsung mampu menurunkan dan mencegah lonjakan kadar gula darah. 
Melihat penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi buah belimbing sangat membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darahnya. Meskipun demikian, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi banyak belimbing untuk menurunkan kadar gula darah seseorang.

3. Mengatasi Maag

Meskipun belimbing tinggi akan kandungan vitamin C nya, tetapi ternyata buah ini bisa cukup membantu mengatasi permasalahan perut, seperti pada penderita maag. Hal ini dikarenakan lendir yang terdapat dalam buah belimbing mengandung lapisan mukosa gastrointestinal, sehingga membantu menghindari kerusakan akibat gastritis (kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi).

banner consideration promotion bg blue

Selain itu, kandungan serat buah belimbing membantu merangsang gerak peristaltik tubuh sehingga dapat mencegah terkena asam lambung. Tidak hanya bermanfaat untuk penderita maag saja, nyatanya belimbing juga cukup efektif untuk mencegah sembelit.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat belimbing selanjutnya bisa membantu kamu yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, buah tinggi serat ini bisa mencukupi asupan serat yang dibutuhkan tubuh. Satu buah belimbing yang berukuran sedang mengandung 9 gram karbohidrat dan 3 gram serat makanan.
Melihat penjelasan di atas, tidak ada salahnya jika belimbing menjadi daftar makanan camilan untuk menunjang program dietmu. Kamu bisa membuat jus belimbing, membuat salad buah dengan menambahkan belimbing, atau varian makanan lainnya. Dengan begitu program diet yang sedang kamu jalani bisa sangat terbantu dengan konsumsi buah ini. 

5. Membuat Kulit Glowing

Selain keempat manfaat di atas, ternyata buah belimbing juga bisa membuat kulit menjadi glowing. Hal ini karena sifat anti-inflamasi yang terdapat di dalamnya sehingga mencegah radikal bebas masuk dalam tubuh. Tidak hanya itu, belimbing juga mengandung vitamin C yang tinggi yang berperan penting dalam pembentukan patogen dan membuat kulit lebih glowing.
Kandungan antioksidan dalam belimbing juga dipercaya bisa berimbas pada kulit, seperti menjadikan kulit lebih sehat, lebih lembab, dan mencegah munculnya jerawat hingga keriput.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Berbagai manfaat belimbing tersebut memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, sekaligus bisa membuat kulit wajah kamu menjadi lebih glowing! Maka dari itu, jangan abaikan pentingnya konsumsi buah ini ya Lemonizen!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami