5 Manfaat Binahong Sebagai Obat Herbal yang Mujarab

Daun binahong adalah tanaman obat tradisional yang dapat dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Obat herbal ini berasal dari negara Tiongkok dengan nama Dhen San Chi. Mungkin sebagian masyarakat Indonesia masih asing dengan manfaat binahong sebagai obat herbal yang mujarab. Inilah berbagai manfaat dari daun binahong yang sangat mujarab untuk masalah kesehatan. 

banner consideration shipping bg blue

1. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat binahong yang pertama adalah kandungan di dalamnya yang bisa secara efektif membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Tidak hanya bermanfaat untuk wajah yang berjerawat, nyatanya binahong sendiri juga bisa mengatasi komedo dan flek hitam. Untuk mendapat manfaat binahong yang satu ini, kamu bisa menjadikan binahong sebagai masker wajah. Haluskan daun, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit.
Kandungan kolagen yang tinggi yang terdapat di dalam binahong juga bisa membantu mencerahkan wajah dengan cepat. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan masker alami dari binahong untuk mengatasi berbagai masalah kulitmu.

2. Mengobati Maag

Selain bermanfaat untuk kecantikan, faknya daun binahong juga bisa mengobati penyakit maag. Seperti yang kita tahu sendiri, penyakit maag muncul saat lambung memproduksi asam lambung yang terlalu berlebihan. Dengan mengkonsumsi ekstrak binahong ini sendiri, maka akan membantu mengurangi asam lambung yang berlebihan.
Kandungan binahong sebagai zat antioksidan juga efektif untuk menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh manusia. Kandungan antioksidan ini sendiri akan membuat imunitas tubuh terjaga dari berbagai virus maupun penyakit yang berbahaya.

3. Mengatasi Asam Urat 

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian persendian tubuh. penderita asam urat akan merasakan nyeri yang sangat hebat pada bagian persendian. Hal ini membuat manusia tidak nyaman dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Manfaat binahong sendiri dipercaya dapat mengatasi asam urat yang terjadi pada seseorang.

banner consideration promotion bg blue

Berbagai kandungan yang terdapat dalam binahong, dipercaya mampu mengatasi persendian maupun asam urat. Oleh karena itu, tidak heran jika masyarakat pedesaan seringkali mengkonsumsi rebusan daun binahong sebagai obat herbal setelah melakukan aktivitas yang begitu melelahkan.

4. Mengatasi Kolesterol 

Tidak hanya asam urat, manfaat binahong selanjutnya adalah mampu mengatasi kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. seperti yang kita ketahui, kolesterol pada tubuh sendiri akan mengakibatkan adanya plak pada pembuluh darah, adanya penyumbatan ini akan mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat dan tidak bisa berjalan secara lancar seperti biasanya.
Jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan, maka resiko akan terjangkit penyakit jantung dan stroke bisa mengancam nyawa seseorang. Oleh karena itu, dalam hal ini binahong dipercaya bisa mengatasi kolesterol dengan menghilangkan kadar lemak jahat dalam tubuh.

5. Mencegah Diabetes 

Meski bukan salah satu penyakit yang sangat ganas, namun diabetes masih sangat berbahaya. Hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes sepenuhnya. Sebagai penderita diabetes bisa mengendalikan kadar gula darah hingga normal tidak menimbulkan komplikasi serius.
Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Karena sifatnya, manfaat daun binahong dapat menurunkan kadar gula secara maksimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat binahong. Untuk mendapatkan berbagai manfaat mujarab dari daun binahong tersebut, kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen maupun langsung merasakannya dengan cara meminum air rebusannya. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami