3 Hal yang Kamu Bisa Lakukan Agar Tubuh Tidak Shock Saat Puasa

Ramadan tiba, waktunya Lemonizen kembali beribadah puasa selama sebulan penuh. Saat puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan selama kurang lebih 12 jam tiap harinya. Jika tak disiapkan dengan baik, masa transisi ini bisa membuat tubuh shock dan menghambat aktivitas harian selama puasa. Berikut 3 hal yang kamu bisa lakukan agar tubuh tidak kaget saat puasa!

Puasa Menggeser Waktu Makan, Pastikan Konsumsi Makanan Bernutrisi Saat Buka dan Sahur 

Puasa Menggeser Waktu Makan, Pastikan Konsumsi Makanan Bernutrisi Saat Buka dan Sahur
Sebenarnya puasa hanya menggeser waktu makan kita, dari yang biasanya sarapan pukul 7 pagi jadinya diganti lebih awal saat sahur. Energi dari makanan saat sahur ini disimpan untuk beraktivitas seharian tanpa makan siang dan baru akan makan kembali saat waktu berbuka tiba. Agar tubuh tidak kaget saat puasa, makanlah dengan porsi secukupnya tapi dengan makanan bernutrisi dan gizi seimbang. Jangan makan dengan porsi berlebihan hanya karena kamu khawatir kelaparan saat puasa besok hari. banner consideration shipping bg blue 

Pastikan Minum Cukup Air Karena Kamu Akan Kehilangan Cairan Selama Setengah Hari

Pastikan Minum Cukup Air Karena Kamu Akan Kehilangan Cairan Selama Setengah Hari
Saat tidak puasa, kita bisa minum kapan saja jika merasa haus. Namun saat puasa, kita hanya punya waktu 12 jam antara buka dan sahur untuk minum. Artinya, tubuh akan kehilangan cairan selama setengah hari. That’s why kita harus benar-benar memanfaatkan waktu buka dan sahur untuk mengkonsumsi cukup air agar tak dehidrasi saat puasa esok hari. Orang dewasa disarankan minum hingga 2,5 Liter atau setara dengan 8 gelas per hari. Agar tubuh tidak kaget dan dehidrasi saat puasa, bagi pola minum air ini menjadi 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat malam hari dan minum 2 gelas saat sahur.

banner consideration promotion bg blue

Selain air putih, penting juga untuk mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan buka puasa karena kandungan serat dan mineral dari  buah dan sayur dapat membantu menambah cairan tubuh. Ini bisa jadi alternatif pengganti air kalau-kalau kembung karena merasa kebanyakan minum.

Atur Waktu Tidur, Usahakan Tidur Lebih Awal Karena Harus Sahur 

Atur Waktu Tidur, Usahakan Tidur Lebih Awal Karena Harus Sahur
Kalau hari biasa kamu punya kebiasaan begadang untuk hal yang tidak penting, sebaiknya selama Ramadan atur kembali waktu tidurmu. Sesuaikan waktu tidur dengan aktivitas harian saat Ramadan karena tidur cukup sangat penting untuk mengembalikan stamina dan konsentrasi. Ingat, kamu harus bangun untuk sahur jadi disarankan agar tidur lebih awal. Jangan sampai tubuhmu kaget dan aktivitas harianmu jadi lamban dan tidak bersemangat. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, Lemonizen bisa coba lakukan hal-hal tersebut ya agar tubuh tidak shock dan gampang beradaptasi saat puasa. Jadi kamu bisa tetap beraktivitas seperti biasa dengan tetap semangat dan ibadah pun bisa tetap lancar!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami